Juventus Hantam Roma 1-0

0
85

Berhadapan dengan kesebelasan Roma di stadion Allianz, Minggu (24/12/2017), Juventus tidak diperkuat Gianluigi Buffon, Mattia De Sciglio dan Benedikt Hoewedes. Paulo Dybala dicadangkan oleh pelatih Massimiliano Allegri.

Dipihak lain, Roma turun dengan kekuatan terbaiknya. Edin Dzeko memimpin Giallorossi ke depan dengan dukungan Stephan El Shaarawy dan Diego Perotti.

Gol semata wayang dalam pertandingan ini diciptakan di babak pertama, tepatnya di menit 19. Dari situasi sepak pojok, Benatia membobol gawang mantan klubnya dan memberikan kemenangan kepada tim Juventus.

Bekas pemain roma lainnya, Wojciech Szczesny, juga tampil gemilang. Szczesny membuat setidaknya dua penyelamatan penting. Dia menghentikan tembakan jarak pendek dari El Shaarawy di babak pertama dan juga menghindari kemungkinan Patrik Schick di masa injury time.

3 poin tambahan tidak mengubah posisi Juventus di posisi kedua dengan 44 poin dalam 18 pertandingan. Juve tetap berpegang teguh pada Napoli yang memimpin klasemen dengan selisih satu poin. Roma berada di urutan keempat dengan 38 poin.

Jalannya Pertandingan

Pada menit ke-12, Mario Mandzukic menyambut baik Blaise Matuidi dengan sundulannya. Sundulan Mandzukic keluar dari gawang dan hanya menghasilkan satu tendangan gawang untuk Roma. Kesempatan berikutnya adalah Gonzalo Higuain di menit 17. Higuain memimpin umpan silang oleh Juan Cuadrado, namun tendangannya melenceng.

Dalam dua menit, Juve benar-benar menang 1-0 berkat gol Benatia. Berawal dari tendangan pojok Miralem Pjanic, sundulan Giorgio Chiellini masih bisa dimentahkan oleh kiper Roma, Alisson Becker. Benatia meraih bola rebound, tapi Alisson menabraknya dari mistar gawang. Bola memantul berikutnya membawa Benatia lagi dan bek asal Maroko itu tidak melewatkan usaha keduanya. Percobaan Higuain di menit 26 tidak menghasilkan gol kedua bagi Juventus. Tembakan dari luar kotak penalti menyimpang dari gawang.

Pada saat upaya Roma untuk menyamakan kedudukan tak berhasil, Juve nyaris mencetak gol kedua di injury time. Dalam serangan balasan, Pjanic melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola nyaris jatuh setelah ditolak oleh Alisson.

Szczesny menjadi bintang Juventus di masa injury time. Dalam situasi satu lawan satu dengan Schick setelah Benatia membuat kesalahan backpass, tapi akhir kiper Polandia berhasil menggagalkan terjadinya gol.

Meski Roma berusaha mati-matian dalam detik-detik terakhir, mereka tetap tak bisa menyamai skor. Juve keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

Komposisi pemain
Juventus: Szczesny; Barzagli, Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Khedira, Matuidi (Marchisio 79 ‘); Persegi (Bernardeschi 76 ‘), Higuaín, Mandzukic

Roma: Alisson; Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov; Nainggolan, De Rossi (kurang dari 85 ‘), Strootman (Pellegrini 71’); Shaarawy (Schick 67 ‘), Dzeko, Perotti